Berita


By Administrator | 2016-06-20

BAN PT Lakukan Visitasi AIPT UMG

Empat assesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) berkunjung di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Jumat (17/6/2016). Kunjungan tim asesor yang terdiri atas  Prof. Dr. Indra Jaya dari IPB, Prof.Dr.Ir. Bambang Supriyadi, CES,DEA dari UGM, Prof Dr. Abdul Rohman,M.Si, Akt dari UNDIP dan Prof. Dr Prastawa Budi dari UNHAS bertujuan assesmen lapangangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

AIPTSERAHTERIMA.JPG (1.20 MB)Rektor UMG Tri Ariprabowo, SE.,M.Si menjelaskan proses akreditasi ini merupakan yang ke dua dari satu tahun yang lalu atau reakreditasi. ‘’Tim UMG telah maksimal dalam usahanya untuk mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik dari tahun kemarin, dengan filosofi tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin,’’ jelas rektor UMG periode 2013-2017 ini. Tri menyebutkan proses percepatan akreditasi prodi menjadikan dua belas program studi  yang ada semua telah akreditasi B, kecuali prodi Perikanan dan  prodi Teknik Informatika yang masih dalam proses re-akreditasi serta ada tambahan dua jenjang S1 yaitu S1 Kewirausahaan dan S1 Hukum.

Prof. Dr. Bambang Supriyadi menyampaikan maksud dan tujuan tim asesor datang ke UMG, serta mekanisme pemeriksaaan yang dilakukan  selama dua hari untuk asesmen lapangan berkaitan dengan AIPT.

Selanjutnya Tri Ariprabowo, SE.,M.Si, menyampaikan pemaparan  visi, misi  Universitas Muhammadiyah Gresik selama satu jam, diawali dengan pemutaran video profil UMG dilanjutkan dengan pemaparan detail visi misi.

Setelah pemaparan oleh Rektor dilanjutkan dengan pemeriksaan sesuai standard oleh para asesor, pemeriksaan ini memakan waktu sekitar tiga jam dan berakhir pukul 17.00 WIB. Keesokannya, Sabtu (18/6/2016) para asesor BAN PT bertemu dengan alumni-pengguna, mahasiswa, para dosen staf TU dan berakhir pukul 10.00 WIB dan diakhiri dengan clossing metting.

Tri menyampaikan rasa terima kasih kepada para asesor atas pemeriksaan yang telah dilakukan dengan sangat efisien dan efektif serta adanya model pembinaan dari para asesor dengan filosofi sang pembelajar. ‘’ Semoga asesmen lapangan dalam rangka AIPT ini mendapatkan hasil sesuai dengan  yang kita harapkan,’’ paparnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor I Idha Rahayuningsih, S.Psi.,M.Psi; Wakil Rektor II M. Nuruddin, ST.,MT; Wakil Rektor III Harunur Rosyid, S.Kom.,M.Kom; Ka. BPM Dr. Khoirul Anwar, M.Pd beserta tim BPM, Ka.Lembaga, Ka. Unit, Ka. Prodi, TU fakultas serta dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Gresik.  (***)